Perbedaan HTTP, HTTPS, dan FTP

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.Pengembangan HTTP dikoordinasi oleh Konsorsium World Wide Web (W3C) dan grup bekerja Internet Engineering Task Force (IETF), bekerja dalam publikasi satu seri RFC, yang paling terkenal RFC 2616, yang menjelaskan HTTP/1.1, versi HTTP yang digunakan umum sekarang ini.HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.

Https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security).

Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka.

Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi. Pada web server, informasi kartu mereka secara tipikal tersimpan di database server (terkadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan

FTP, di sisi lain, sebenarnya merupakan protokol yang fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi untuk mentransfer data dari suatu server ke komputer Anda. FTP yang merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, adalah protokol yang digunakan untuk meng-upload file dari komputer client tertentu ke sebuah FTP server atau untuk men-download file-file dari FTP server ke komputer client tertentu.

Perbedaan antara HTTP dengan FTP terletak pada hasil transfer data. Pada HTTP, data atau content dari web server dikirim ke komputer Anda melalui browser seperti Internet Explorer atau Netscape, hanya untuk ditampilkan saja. Sementara pada FTP, yang terjadi adalah proses copy seperti halnya ketika Anda menyalin sebuah file dari satu folder ke folder lain di komputer Anda.

Jika Anda mengelola sebuah website, biasanya Anda akan diberi sebuah FTP account yang terdiri dari username dan password yang bersifat rahasia. Melalui account inilah Anda dapat mengakses FTP server dan meng-upload file-file ke sana. FTP server yang dilindungi dengan password seperti ini disebut private FTP server, di mana hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya. Sementara itu terdapat pula public FTP server seperti http://ftp.cbn.net.id yang tidak dilindungi password sehingga dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.
Demikian sekelumit penjelasan mengenai Hyper Text Transfer Protocol dan File Transfer Protocol, semoga penjelasan ini dapat memperluas wawasan Anda.

www.dskyblue.com

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s